Pola Makan & Minum yang Baik untuk Sehari Hari

Posted on 95 views

Herbalife Berau, Mengatur pola makan merupakan salah satu cara gaya hidup sehat yang bisa Anda terapkan dalam keseharian, pola makan yang baik dapat membuat Kesehatan dalam tubuh bisa tetap kuat.

Ada banyak sekali pola makan yang bisa anda lakukan mulai dari sekarang, diantaranya :

Selalu Rutinkan Sarapan Pagi

Bagi Sebagian orang diluar sana masih banyak yang menghiraukan untuk sarapan pagi sebelum aktivitas baik itu bekerja ataupun sekolah. Manfaat sarapan pagi sangat baik untuk membantu tubuh tetap memiliki sumber energi yang cukup dipagi hari.

Sarapan juga dapat menghindari seseorang dalam mengkonsumsi makanan berlebihan saat makan siang, apabila sarapan pagi dilewatkan kemungkinan besar konsumsi makanan berat berlebih akan terjadi yang mengakibatkan berat badan bertambah akibat kalori yang terlalu tinggi.

Untuk yang belum terbiasa sarapan pagi dengan alasan tidak lapar ataupun tidak ada waktu maka perlu luangkan waktu 10-15 menit saat pagi hari untuk sarapan. Sarapan disini tidak harus makan nasi anda bisa menggunakan sumber karbohidrat lainnya seperti roti. Rutinkan diri anda agar hari berikutnya lebih mudah dan dapat menjadi teratur dalam sarapan pagi setiap hari.

Kurangi Konsumsi makanan kandugan Lemak

Makanan berlemak biasanya dapat ditemukan pada makanan yang digoreng pada suhu tinggi pada minyak maupun lemak. Seringnya mengkonsumsi makanan digoreng bisa menyebabkan penyakit salah satunya adalah darah tinggi, meningkatnya kolesterol jahat serta salah satu penyebab obesitas karena kandungan lemak dari minyak yang menyerap pada makanan yang digoreng.

Tentu jika anda mengkonsumsinya secara berlebihan, untuk mengatur pola makan yang lebih baik anda bisa merubah kebiasaan memasak atau memakan makanan yang digoreng dengan cara dikukus atau direbus.

Proses kukus pada makanan sangat baik misalnya pada tahu kukus yang lebih baik daripada digoreng. Apabila anda ingin tetap makanan gorengan ada beberapa hal yang bisa dilansir dari dampak makanan gorengan seperti dengan menggunakan minyak zaitun dalam memasak, menggunakan minyak sekali pakai, mengganti proses menggoreng dengan memanggang pada oven dan lain-lain.

Kurangi Konsumsi Yang Manis-manis

Ada banyak sumber manis manis baik dari makanan maupun minuman. Makanan dengan kadar gula tinggi dapat ditemukan kue, makanan ringan dan sebagainya. Begitu pula dengan minuman yang dapat ditemukan di minuman bersoda, minuman kaleng, minuman ringan dan sebagainya.

Makanan serta minuman yang bersifat manis terlalu sering dikonsumsi dapat menjadikan kadar gula darah akan tinggi, jika berkelanjutan bisa menyebabkan timbulnya penyakit seperti diabetes, obesitas dan lainnya. Bukannya tidak diperbolehkan melainkan perlu pembatasan konsumsi gula setiap harinya. Ada batasan penggunaan gula perharinya yang sesuai anjuran.

Makan secara teratur dan sesuai jadwal

Kemudian dalam jadwal makan biasanya anda mendengar anjuran makan 3 kali sehari namun beberapa juga menganjurkan lebih dari itu sekitar 5 – 6 kali dalam sehari, yang didalamnya merupakan perpaduan dari makan berat dan makan ringan. Anda bisa memakan lebih santai dan tidak berlebihan dalam sekali makan.

Makanan ringan yang menyehatkan seperti makanan tinggi protein, rendah lemak, dan memiliki kadar gula yang rendah. Contohnya bisa menjadikan makanan seperti yogurt atau kacang kacangan sebagai menu makanan ringan untuk mengurangi rasa lapar yang berlebihan. Diwaktu sibuk dan tidak ada waktu untuk makan makanan berat maka bisa menjadikan makanan ringan sebagai pendamping aktivitas anda.

Menjadwal aktivitas makan dengan baik dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Beberapa jadwal yang bisa anda terapkan untuk aktivitas makan yang baik diantaranya :

    • Makan pagi atau sarapan pukul 06.00,
    • kemudian makan ringan di jam 10.00.
    • Makan siang pada pukul 13.00,
    • dilanjutkan dengan makan ringan di sore hari Pukul 16.00 dan
    • terakhir dengan ditutup dengan makan malam pukul 18.00

Jangan biasakan untuk makan pada pukul lebih dari jam 8 malam, karena pada waktu ini kerja metabolisme menurun saat malam hari. Dan juga dapat terhindar dari kenaikan berat badan yang berlebihan.

Perbanyak Konsumsi Sayuran Segar

Makanan sehat haruslah terdiri atas sayuran, sayuran merupakan salah satu nutrisi alami yang mudah untuk didapatkan. Nutrisi yang ada pada setiap sayur memiliki perbedaan, dan salah satu hal yang paling menonjol nutrisi sayuran bisa dibedakan dari warnanya. Maka dari itu mengkonsumsi sayuran aneka warna sangat penting untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Salah satu manfaatnya adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan vitamin serta mineral didalamnya.

Anda bisa menjadikan sayur sebagai makanan ringan dengan dipotong menjadi kecil kecil, selain mudah dimakan juga lebih mudah dibawa.

Konsumsi Buah Segar setiap hari

Salah satu manfaat dari buah adalah bisa dijadikan sebagai makanan penutup, selain mengandung banyak vitamin beberapa buah juga baik dalam proses penceranaan dalam tubuh. Salah satunya adalah buah kaya serat. Buah kaya serat dapat mudah dijumpai pada buah pisang, apel, mangga, dan jerus serta beberapa sayuran lainnya. Kandungan serat pada buah ini tidak diserap oleh tubuh melainkan sebagai peran penting dalam mudahnya proses pencernaan salah satunya adalah terhindar dari penyakit sembelit atau susah BAB.

Pola makan yang sehat dengan mengkonsumsi berbagai macam buah setiap harinya akan memberikan manfaat vitamin serta nutrisi lain yang diperlukan oleh tubuh.

Kurangi Makanan Kemasan.

Sensasi rasa ingin makan makanan kemasan membuat seseorang bisa sering dalam mengkonsumsinya. Perlu diketahu bahwa makanan kemasan memiliki dampak buruk dan menjadi salah satu pola makan sehat yang harus dihindari.

Komposisi makanan kemasan yang biasanya terdapat pengawet, pemanis, perasa buatan, pewarna buatan yang menjadi ciri khasnya ini memiliki efek buruk bagi tubuh. Termasuk kurangi dalam mengkonsumsi makanan cepat saji yang anda belum tahu persis kandungan didalamnya. Kedua makanan ini menjadi salah satu pola makan buruk tetapi populer khususnya bagi mereka yang tidak ada waktu untuk memasak sendiri makanan yang lebih sehat.

Hindari terlalu sering mengkonsumsi kopi

Kopi yang terlalu sering dijadikan sebagai minuman utama memberikan efek yang kurang baik untuk lambung, kopi dapat merangsang kerja lambung dengan meningkatnya kadar asam lambung dalam perut. Asupan kopi juga memberikan beban pada hati, dimana dikarenakan kopi yang bersifat diuretik artinya pembentukan urine lebih cepat dihasilkan dari sebuah kopi. Organ hati sangat penting dalam menetralisir atau membersihakan racun dalam tubuh karena itu apabila terbebani maka bisa timbul suatu penyakit.

Asupan kafein yang terdapat dalam kopi anda bisa menggantinya dengan minuman alternatif seperti teh hijau atau matcha.

Lebih banyak minum air putih

Dan terakhir pola hidup sehat bisa dengan sering dan memperbanyak dalam minum air putih, hal ini sangat besar manfaat bagi tubuh anda Ketika seseorang rajin untuk minum air putih setiap harinya. Metabolisme tubuh yang akan tetap terjaga dan terhindar dari beberapa hal akibat dari kurangnya minum air putih seperti dehidrasi dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *