Pentingnya Banyak Konsumsi Air Putih

Posted on 93 views

Herbalife Berau, Tubuh manusia yang hampir sebagian besar merupakan cairan terutama pada bagian otak dan juga darah, maka kebutuhan akan cairan sangat penting untuk tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan cairan bisa dengan sering mengkonsumsi air putih, selain itu ada banyak manfaat lainnya dari air putih ini terhadap tubuh dan terutama pada kesehatan anda.

Ada banyak sebab dan faktor tubuh mengalami penurunan cairan akibat misalnya aktivitas olahraga, kesihbukan bekerja, cuaca yang panas. Faktor faktor tersebut diharuskan tubuh untuk lebih sering mengkonsumsi air minum yang cukup untuk menjaga metabolisme dalam tubuh agar tetap sehat.

Beberapa manfaat dari pentingnya konsumis air putih diantaranya :

Menjaga Kebutuhan Cairan (Dehidrasi)

Dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan masalah yang cukup serius bagi tubuh anda, seperti akan mempengaruhi keseimbangan kadar garam, gula dalam darah, dan mineral dalam tubuh yang berdampak pada fungsi kerja tubuh yang terganggu. Dampak lebih lanjut dapat merusak organ tubuh yang menyebabkan kematian.

Fungsi kerja tubuh yang terganggu diantaranya adalah fungsi pencernaan dan penyerapan makanan yang kurang maksimal tanpa adanya cairan yang cukup, kemudian fungsi sirkulasi dan fungsi ginjal yang terggangu dimana ginjal membutuhkan cairan untuk aktif bekerja.

Kekurangan cairan dapat membuat anda menjadi kelelahan, haus, serta dapat mengganggu suasana hati anda dan solusinya tidak lain adalah dengan minum air putih yang cukup setiap harinya namun cairan pada buah buahan juga penting menunjang kebutuhan cairan dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Sendi

Penyakit nyeri sendi salah satu penyebabnya adalah kurangnya konsumsi air putih harian, tulang sendi pada tubuh rentan untuk terjadi gesekan dan kerusakan. Maka dari itu air putih sangat bagus untuk menjaga kesehatan sendi anda untuk dapat meningkatkan flesibilitas sendi.

Selain itu tulang rawan yang berfungsi untuk menjadi bantalan sendi dari goncangan yang dimana tulang ini terbentuk lebih banyak oleh cairan, sehingga dengan rutin konsumsi air putih bisa meningkatkan kemampuan tulang sendi dalam mengurangi tekanan saat beraktifitas. Namun jika kekurangan air putih bisa membuat tulang rawan menipis dan berdampak pada sendi yang akan mengalami nyeri atau dikenal dengan nyeri sendi. Konsumsi air putih juga sering dijadikan sebagai terapi alami dalam mengatasi masalah nyeri sendi.

Menjaga Kesehatan Kulit

Selain menjaga Kesehatan dalam tubuh rutin mengkonsumsi air putih juga dapat membantu dalam menjaga Kesehatan kulit anda. Banyak yang menyarankan air putih bisa digunakan sebagai perawatan alami dari kulit. Salah satunya adalah untuk menghilangkan jerawat, jerawat timbul akibat penumpukan kotoran pada kulit yang dapat hilang dengan asupan air yang cukup selain dapat mengilangkan jerawat juga dapat membantu kelembapan kulit anda.

Dalam sisi lain kulit juga bisa lebih membuat tampak awet muda dan terhindar dari tanda penuaan seperti kulit kering, kulit keriput dan bintik hitam pada kulit. Hal ini dikarenakan air putih dapat membantu tubuh untuk melakukan pembaruan sel terutama pada sel kulit.

Menjaga Suhu Tubuh

Dalam kondisi cuaca yang panas tubuh akan lebih rentan untuk memerlukan banyak cairan, suhu udara yang panas membuat tubuh akan melakukan penyesuaian dengan beberapa cara seperti timbulnya keringat, membuat tubuh panas dan suhu nafas yang panas pula. Munculnya keringat ini apabila kadar cairan dalam tubuh memenuhi. Jika tidak akan berdampak pada tubuh anda seperti mengalami pusing atau bahkan pingsan. Karena itu saat suhu cuaca panas terutama di siang hari perbanyak untuk mengkonsumsi air putih agar tubuh bisa menstabilkan suhu tubuh dengan cara berkeringat tersebut.

Membantu Menurunkan Demam

Salah satu efek dari demam adalah meningkatnya rasa dehidrasi, karena demam akan membuat tubuh menjadi lebih panas dari biasanya yang membuat cairan dalam tubuh lebih cepat menguap. Demam menjadi tanda seseorang dalam keadaan tidak fit dan salah satu gejala paling umum terhadap penyakit tertentu, dengan banyak mengkonsumsi air putih bisa membantu untuk mengeluarkan zat sisa serta racun dalam tubuh yang membuat seseorang mengalami demam. Selain itu dalam kondisi demam air putih bisa membantu melancarkan peredaran darah dalam
tubuh.

Membantu masalah pencernaan

Salah satunya yang paling sering ditemukan masalah pencernaan adalah penyakit sembelit atau susah untuk buang air besar. Hal ini dikarenakan tubuh kekurangan cairan yang dapat membuat feses menjadi mengeras akibat dari penyerapan air yang terjadi di usus. Selain kebutuhan serat, air dapat membantu untuk melancarkan proses pembuangan kotoran hingga tuntas dalam tubuh terutama feses ini. Dan tidak hanya itu air putih yang dikonsumsi pada saat pagi hari terutama selepas bangun tidur dapat membantu menetralkan asam lambung karena pada saat itu asam lambung meningkat dan hal ini yang biasa membuat seseorang mengalami penyakit maag.

Menurunkan berat badan

Disiplin untuk mengkonsumsi air putih setiap harinya dapat digunakan sebagai cara untuk melakukan diet secara alami, air putih dapat membantu tubuh untuk menurunkan nafsu makan sehingga anda bisa menjaga pola makan tidak terlalu sering. Apabila anda merasa lapar sebelum jam makan bisa dengan mengkonsumsi air putih hal ini karena bisa saja tubuh mengalami kekurangan cairan.

Kemudian air putih yang dapat mengeluarkan racun dan zat berbahaya dalam tubuh bisa membantu dalam mengatasi masalaha pencernaan dan meningkatkan Kesehatan pencernaan. Minuman kemasan tidak cocok untuk menurunkan berat badan karena beberapa memiliki rasa dan secara tidak langsung juga memiliki tingkat kalori tinggi yang dapat memicu naik berat badan.

Jumlah kebutuhan air putih yang baik per harinya Dari faktor yang disebutkan sebelumnya kebutuhan air tergantung pada aktivitas yang dilakukan, namun secara umum jumlah konsumsi air putih yang baik untuk tubuh yaitu dengan minum air putih 8 gelas setiap harinya dengan ketentuan gelas berukuran 230 ml untuk mendapat total 2 liter air per harinya. Kebutuhan cairan dalam tubuh juga bisa tercukupi Sebagian kecil melalui cairan pada buah buahan dan sayuran namun tetap penunjang terbesar adalah air putih itu sendiri.

Untuk aktivitas yang berlebihan dan cuaca yang panas tubuh akan lebih mudah untuk dehidrasi maka lebih banyak jumlah air yang diperlukan. Dan bagi ibu hamil dan menyusui kebutuhan cairan dalam tubuh dibutuhkan jauh lebih banyak dari biasanya. Tanda tanda awal seseorang kekurangan mengkonsumsi air putih biasanya ditandai dengan rasa haus dan juga warna kuning pekat saat mengeluarkan cairan urine.

***

Pentingnya kebutuhan cairan dalam tubuh membuat anda harus selalu memperhatikan kebutuhan air putih perharinya, beberapa cara yang bisa dilakukan diantaranya dengan menggunakan botol minum yang selalu ada di setiap aktivitas misalnya saat berolahraga maupun bekerja. Dengan mengkonsumsi air putih setiap harinya dapat membantu anda membentuk pola hidup yang lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *