Manfaat Mengkonsumsi Makanan Organik

Posted on 95 views

Herbalife Berau, Berbagai macam gaya hidup sehat kini bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan organik. Makanan jenis ini sering kali digunakan sebagai makanan sehat yang lebih baik dari makanan non-organik. Hal ini dibedakan dari proses pertumbuhan serta perkembangan tumbuhan baik sayur dan buah hingga daging hewan yang dimana tidak ada campur tangan bahan kimia didalamnya. Yang dimana membawa manfaat dari segi nutrisi yang ada didalam kandungannya.

Manfaat Mengkonsumsi Makanan Organik

Dengan memperbanyak mengkonsumsi makanan organik setiap harinya dinilai lebih aman dari sisi Kesehatan. Berikut ini beberapa kelebihan serta manfaat yang bisa diambil dari sering mengkonsumsi makanan organik, diantaranya :

Tidak menggunakan Peptisida

Termasuk peptisida sintetis yang banyak digunakan para petani untuk melindungan tanaman sayur dan buah mereka dari serangan serangga yang dapat merusak. Penggunaan peptisida dapat melekat pada tanaman yang dimana dapat membahayakan tubuh jika mengkonsumsinya. Penggunaan peptisida pada makanan organik bisa tidak menggunakan sama sekali ataupun menggunakan dalam kadar yang tidak melebihi syarat keamanan. Para petani buah dan sayur organik biasanya menggunakan predator alami para serangga yang biasanya menyerang, dengan begitu kealamian tumbuhan tetap terjaga dengan baik.

Selain itu penggunaan pupuk alami merupakan syarat dari makanan organik agar tumbuhan tumbuh dengan nutrisi yang alami. Terlalu sering terpapar peptisida dapat mengakibatkan kerusakan pada saraf dan bisa menggangu perkembangan saraf pada anak.

Ramah Lingkungan

Penggunaan peptisida sintetis dengan kadar berlebihan selain dapat merusak tanaman dan nutrisi didalamnya, juga menjadi polusi bagi tanah dan juga air yang didalamnya terlarut bahan kimia tersebut. Makanan organik tumbuh secara alami tanpa bahan kimia yang bermanfaat untuk tetap menjaga kelestarian alam baik tanah maupun air. Tanah yang sering terpapar peptisida memiliki efek buruk bagi pertumbuhan tanaman yang biasanya bisa mengakibatkan gagal panen.

Nutrisi Lebih banyak

Karena tidak adanya bahan kimia yang membantu dalam perkembangannya makanan organik lebih memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak. Penggunaan pupuk kimia selain dapat merusak kondisi tanah juga dapat mempengaruhi nutrisi yang ada pada sayur dan tumbuhan. Karena itu makanan organik menggunakan pupuk alami dalam pertumbuhannya. Terutama jika mengkonsumsi makanan organik Ketika habis panen karena nutrisi masih banyak dalam kondisi tersebut. Tentu saat dikonsumsi harus dicuci dengan baik untuk menghilangkan kotoran, serangga ataupun paparan peptisida yang kemungkinan mengenai sayur atau buah tersebut.

Nutrisi seperti vitamin, mineral, zat besi, fosfor dan sebagainya jika dikonsumsi lebih banyak akan membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh lebih kuat untuk mampu melawan penyakit yang masuk dari luar. Selain nutrisinya yang banyak makanan organik jauh lebih enak, segar, dan enak untuk dikonsumsi.

Mengandung Kadar Antioksidan tinggi

Kandungan antioksidan pada makanan organik memiliki kandungan yang lebih tinggi daripada makanan non-organik. Antioksidan berperan penting untuk menjaga Kesehatan tubuh dari kerusakan kerusakan sel yang di lakukan oleh radikal bebas. Sering mengkonsumsi makanan organik bisa mengurangi bahkan menghilangkan radikal bebas untuk tetap menjaga metabolisme dalam tubuh tetap terjaga dengan baik. Antioksidan ini bisa didapat dari nutrisi yang terkandung dari sayur dan buah-buahan. Yang dapat mengurangi timbulnya masalah Kesehatan serius seperti jantung dan kanker.

Kadar Lemak Omega 3 yang tinggi

Kadar asam lemak omega 3 bisa didapat dari susu serta daging, salah satu fungsinya adalah untuk menjaga Kesehatan jantung tetap sehat. Kandungan susu serta daging organik memiliki kadar omega 3 yang lebih tinggi serta lemak jenuk yang lebih rendah.

Daging Organik lebih aman dikonsumsi

Hewan ternak yang dibiarkan tumbuh secara alami tanpa bantuan hormone pertumbuhan memiliki kualitas daging yang lebih baik. Penggunaan antibiotik pada hewan biasanya digunakan untuk menjaga Kesehatan hewan terhadap penyakit, namun penggunaannya bisa menimbulnya penyakit baru yang lebih ganas dari sebelumnya. Antibiotik yang masuk dalam tubuh hewan akan bercampur pada daging mereka, tentu jika dikonsumsi dapat menimbulkan masalah seperti rentan terhadap infeksi.

Terapi Kesehatan

Makanan organik banyak dipilih sebagai makanan yang sehat untuk mengembalikan kondisi tubuh, contohnya pada penderita penyakit kanker agar tidak memperparah penyakitnya bisa sering mengkonsumsi makanan organik karena peptisida dapat memperparah penyakit kanker.
Selain itu makanan organik bisa menjaga sesorang terhindar dari berbagai jenis penyakit kanker karena antioksidan tinggi akan tetap dapat menjaga dan membuat tubuh menjadi sehat.

Jenis Makanan Organik

Ada beberapa jenis makanan organik yang bisa anda konsumsi dengan beberapa syarat yang dimana anda bisa mendapatkan di pasaran. Berikut di antaranya :

Buah dan Sayur Organik

Buah dan sayur organik bisa didapat dengan ditanam tanpa menggunakan peptisida maupun pupuk kimia buatan. Anda bisa mengkonsumsi buah serta sayur ini dengan menanam dan merawat sendiri, tentu tidak mudah karena saat ini jarang ditemukan buah dan sayur tanpa peptisida.

Daging Organik

Bisa didapat dengan mengkonsumi hewan potong yang makanannya dengan menggunakan makanan alami dari alam. Selain itu hindari hewan potong yang telah melakukan suntik hormon pertumbuhan atau mengkonsumsi antibiotik.

Susu Organik

Merupakan susu yang berasal dari hewan yang langsung diproses untuk dapat langsung diminum, meminum susu dalam kemasan atau kaleng bukanlah sebuah susu organik karena sudah banyak bahan bahan pemanis maupun pengawet yang ada didalamnya.

Ikan Organik

Ikan organik didapat dari tempat budidaya dan peternakan khusus yang dimana makanannya berasal dari makanan organik. Ikan segar yang berasal dari laut bukanlah termasuk ikan organik karena memang tidak jelas sumber makanannya.
***

Untuk mendapatkan makanan organik ini anda bisa membeli di toko makanan atau jika memungkinkan bisa membeli dengan cara online namun yang perlu menjadi perhatian disini untuk memeriksa label makanan tersebut karena ada beberapa jenis makanan organik yang ada dipasaran seperti makanan berlabel “100% organik”, makanan berlabel “organik” serta berlabel “terbuat dari bahan bahan organik” ketiganya berbeda tergantung persentase bahan organik didalamnya.

Dibalik kelebihan serta manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi makanan organik, ada beberapa hal yang harus diketahui seperti Harga untuk makanan organik ini tentu lebih mahal dari pada biasanya dikarenakan memang perawatan serta pertumbuhan baik tanaman maupun hewan harus dilakukan secara khusus.

Makanan organik juga jauh lebih cepat membusuk karena memang tidak menggunakan bahan pengawet karena itu di beberapa tempat sulit untuk mencari makanan organik yang 100% organik. Kemudian dikarenakan tidak adanya pengawet atau peptisida didalamnya sayur dan buah buahan tersebut akan terlihat kurang menarik daripada yang menggunakan peptisida mulai dari warna yang kurang cerah, terdapat lubang lubang dan lainnya.

Masih ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat selain dari mengkonsumsi makanan organik ini seperti aktivitas olahraga yang rutin serta melakukan kebiasaan hidup sehat lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *