Manfaat Makanan Kaya Serat

Posted on 236 views

Herbalife Berau, Serat merupakan karbohidrat yang berasal dari makanan sumber nabati yang dimana serat tidak dapat dicerna oleh tubuh, sehingga akan masuk dan langsung diproses oleh organ pencernaan dalam tubuh dan akan dikeluarkan melalui anus. Meskipun tidak dicerna dalam tubuh serat secara umum memiliki manfaat yang sangat besar dalam proses pencernaan dan membantu mengatasi timbulnya penyakit yang diakibatkan oleh makanan serta pada organ pencernaan. Makanan berserat bisa menjadi makanan pokok yang harus dikonsumsi setiap harinya. Karena sangat membantu tubuh dalam proses pencernaan dengan baik. Selain itu masih ada beberapa manfaat lainnya yang dimiliki oleh serat yang baik untuk tubuh. Berikut manfaat serat lainnya :

Melancarkan Pencernaan

Mengkonsumsi makanan berserat dapat membantu makanan yang diproses dalam perut dapat lebih mudah untuk dikeluarkan, karena memang sifat dari serat yang dapat membuat berat serta ukuran bertambah dimana seratnya akan menyerap air. Jenis serat ini merupakan serat tidak larut dalam tubuh seperti pada biji bijian, sereal, dan sayuran. Gejala sembelit pada seseorang bisa menandakan seseorang kekurangan mengkonsumsi makanan berserat sehingga feses menjadi keras dan sulit untuk keluar. Apabila anda sering merasakan kesusahan dalam BAB maka konsumsi serat pada tubuh terindikasi kurang.

Mengurangi Kolesterol

Serat larut yang anda konsumsi dapat mengurangi atau menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Serat akan mengikat kolesterol dalam pencernaan sebelum kolesterol tersebut diserap tubuh. Dengan berkurangnya kolesterol dalam tubuh bisa menghindari penyakit penyakit serius seperti jantung. Selain itu mengurangi banyak konsumsi serat bisa menjaga Kesehatan jantung, mengurangi peradangan dan menurunkan tekanan darah.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Selain kolesterol yang diikat oleh serat, gula pada pencernaan juga akan diikat oleh serat untuk dikeluarkan dari dalam tubuh atau dapat memperlambat penyerapan gula. Jadi seseorang yang mengidap penyakit diabetes sangat dianjurkan untuk sering memakan makanan yang kaya serat sehingga tidak akan memperparah penyakitnya.

Selain itu gula yang dikeluarkan dalam tubuh bisa membantun untuk mengurangi kadar gula darah. Apabila anda baru mengalami penyakit diabetes, serat dapat menurunkan seseorang terkena resiko diabetes tipe 2. Bagi anda yang menyukai makanan manis manis bisa lebih sering mengkonsumsi makanan kaya serat untuk dapat mengurangi dampak dan timbulnya penyakit akibat gula seperti diabetes.

Mengatur Berat Badan

Serat memberikan rasa kenyang lebih dibandingkan dengan makanan berkalori, dengan begitu anda bisa merasakan kenyang dengan tidak perlu memakan makanan yang banyak. Selain itu serat bisa menjaga lapar anda lebih tahan lama, dan tentu akan mengurangi jumlah konsumsi makanan ringan di sela sela waktu anda.

Dengan mengurangi konsumsi makanan berkalori tubuh bisa mengurangi berat badan. Namun, serat ini akan lebih efektif hasilnya dengan bantuan asupan air yang cukup. Anda bisa melakukan diet alami dan tidak ketat dengan sering mengkonsumsi makanan berserat setiap harinya. Merubah kebiasaan memakan makanan dengan tingkat kalori yang tinggi bisa digantikan sering memakan makanan berserat tinggi setiap harinya sebagai Langkah bentuk diet alami.

Mengurangi Resiko Kematian Dini

Memang tidak ada yang tahu tentang kapan seseorang meninggal, namun karena manfaat serat ini yang cukup besar memiliki dampat yaitu mengurangi resiko seseorang untuk mengalami penyakit penyakit mematikan seperti jantung dan segala jenis kanker. Karena kedua penyakit inilah yang sering menjadi faktor penyebab kematian terbesar di dunia berdasarkan beberapa riset.

Manfaat serat yang dihasilkan dari beberapa makanan, memiliki jenis serat yang berbeda beda dimana jenis serat ini mempengaruhi dari fungsi serta manfaatnya. Ada 2 jenis serat pada makanan yaitu :

  • Serat Yang larut air, yaitu jenis serat yang dimana jika anda mengkonsumsinya dapat membuat larutan air dalam tubuh bisa diubah menjadi sebuah bentuk gel. Serat larut air banyak ditemukan pada makanan oat, kacang polong, wortel, apel, jeruk, pisang.
  • Serat yang tidak larut air, yaitu jenis serat yang dimana dibutuhkan oleh tubuh untuk mengatur serta mendukung sistem pencernaan dalam tubuh lebih mudah. Manfaat utamanya dari konsumsi jenis serat ini adalah dapat mengatasi masalah pada saluran penceranaan atau bisa digunakan untuk melancarkan pencernaan. Serat jenis ini banyak ditemukan pada jenis gandum, kacang hijau, bayam, kangkung dan lainnya.

Untuk memenuhi kebutuhan serat banyak makanan yang bisa dikonsumsi setiap harinya, jenis serat bisa didapatkan dari beberapa kategori seperti berasal dari buah buahan, biji bijian, sayuran, kacang kacangan, serta gandum. Makanan berserat alami jauh lebih memiliki manfaat yang lebih besar dibandingkan dengan mengkonsumsi suplemen untuk memenuhi kandungan serat harian.

Berikut diantaranya beberapa serat yang dimana bisa anda dapat dengan mudah ditemukan di pasar
swalayan maupun toko toko buah serta sayuran terdekat, diantaranya :

Serat dari Sayuran.

Dari jenis beberapa sayuran memiliki kandungan serat diantaranya adalah brokoli, selada, lobak, wortel, bayam, jamur, labu, asparagus, kentang, dan kacang panjang. Misalnya dari sayur brokoli yang dimana sering kali menjadi sayur yang banyak tidak disukai oleh anak anak ini ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak, zat dan vitamin didalamnya juga membantu untuk menyehatkan tubuh anda. Untuk mengkonsumsi brokoli dengan baik sebaiknya dengan direbus terlebih dahulu sebelum kemudian diolah.

Serat dari Buah Buahan

Beberapa jenis buah buahanya yang banyak mengandung serat diantaranya seperti pisang, apel, alpukat, manga, Nangka, sukun, pir, beri, srikaya. Buah yang paling terkenal adalah buah pisang dimana memiliki total serat 3.1 gram. Selain itu vitamin B6 dan C nya memiliki manfaat untuk menjaga Kesehatan mata.

Selain itu ada juga apel yang memiliki kandungan serat 4.4 gram jika dimakan dengan kulitnya, namun banyak yang menyarankan untuk tidak memakan kulitnya karena memungkinkan buah apel dapat terkena peptisida yang dimana dapat berbahaya bagi tubuh saat dimakan. Anda bisa langsung mengupasnya sebelum dimakan.

Serat dari Biji dan Kacang-kacangan.

Salah satunya terdapat pada makanan sereal seperti oatmeal dimana memiliki kandungan serat yang tinggi dan banyak manfaat yang ada di dalamnya selain serat seperti efektif untuk mengatur kolesterol pada tubuh. Begitu pula serat dapat ditemukan pada beras merah. Pada jenis Kacang-kacangan terdapat pada kacang almond, kacang hitam, kacang polong, kacang merah serta buncis.

***

Gaya hidup sehat dengan banyak mengkonsumsi makanan berserat sangat baik untuk anda, mulai dari anak anak hingga orang dewasa sekalipun. Mengkonsumsi makanan serat larut air dan serat tidak larut air bisa dikombinasikan untuk mendapatkan lebih banyak manfaat dari makanan berserat.

Asupan jumlah serat harian yang diperlukan oleh tubuh setidaknya adalah 25 gram – 30 gram per harinya untuk memenuhi kandungan serat dalam tubuh. Sehingga manfaatnya bisa dirasakan setiap hari. Atau setidaknya untuk memenuhi kebutuhan serat harian bisa setidaknya mengkonsumsi salah satu makanan berserat pada buah, sayur serta gandum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *