Kenali Ciri Pertumbuhan Usia Fisik, Mulai Bayi Hingga Sampai Lansia

Posted on 107 views

Herbalife Berau, Semua manusia yang ada di dunia ini, akan selalu mengalami pertumbuhan dan perkembangan, mulai dari awal lahir hingga lansia. Umumnya, fase usia fisik individu mempunyai ciri khas masing masing. Dengan mengetahui hal tersebut, Anda dapat paham akan jalan hidup manusia.

Tentang Tumbuh & Berkembang

Proses tumbuh serta berkembang adalah suatu tahapan kehidupan seorang individu, dimana kedua hal tersebut saling terkait dan tidak dapat dipisahkan. Dengan pertumbuhan, akan terjadi penambahan ukuran yang tidak dapat kembali pada keadaan semula.

Hampir sama dengan pertumbuhan, “perkembangan” adalah tahap mencapai kedewasaan. Diawali dengan manusia mengalami perubahan secara tingkah laku dan organ reproduksi sudah mencapai proses kematangan, dimana hal tersebut menjadi pertanda untuk menghasilkan keturunan selanjutnya.

Pada umumnya, manusia memiliki 5 fase pertumbuhan yang memiliki usia fisik khusus. Dimana bermula pada perkembangan saat individu baru saja lahir / bayi, anak – anak, remaja, dewasa,dan lanjut usia (lansia). Semua mahkluk hidup akan selalu mengalami ini, tetapi hasil prosesnya berbeda beda.

Tumbuh & Berkembang Fase Bayi

Pada fase ini, terjadi pertumbuhan yang cukup signifikan dari seorang bayi. Hal tersebut terjadi karena individu tersebut belum mengerti tentang apapun, sehingga terjadi proses penyerapan ilmu dari luar yang bersumber kepada kedua orang tua.

Usia bayi umumnya berusia hingga 2 tahun. Setelah melalui proses melahirkan individu tersebut belum mengerti caranya mendapatkan ASI (Air Susu Ibu). Dalam hal ini, Ibu akan selalu mengajari sampai bayi tersebut terbiasa.

Sebagai orang tua harus cermat mengetahui bahwa pada umur tersebut terjadi proses penyerapan ilmu, sehingga sering disebut sebagai golden age seorang individu. Keluarga mempunyai peran penting untuk melakukan pembelajaran awal untuk bayi dengan mengetahui fase pertumbuhannya.

  1. Ciri Bayi Usia 0 – 3 bulan
  • Tangan sudah mulai mencengkram erat
  • Sudah mampu mengenal gerakan disekitar dengan mata
  • Bayi disarankan hanya meminum ASI saja
  • Ekspresi yang dapat dilakukan oleh bayi hanya menangis
  • Karena belum mengerti waktu siang dan malam, umumnya bayi sering tertidur setiap saat
  • Bayi sudah dapat belajar tengkurap
  • Bayi belajar dengan jari jemari
  • Bayi pada usia 2 bulan sudah dapat mengeluarkan suara untuk berekspresi
  • Memasuki usia 3 bulan, otot otot bayi mulai menguat
  • Dapat mengenggam dengan baik
  • Pada usia 3 bulan sudah jarang mengalami proses menangi
  1. Ciri Bayi Usia 3 – 12 bulan
  • Pada rentang usia ini, bayi sudah dapat menikmati proses permainan jika dihentikan akan menangis.
  • Bayi sudah menggunakan kedua tangan untuk kegiatan sehari hari.
  • Sudah dapat membedakan macam warna.
  • Bayi mengetahui berbagai bunyi di sekitar lingkungan, hal ini menjadi modal untuk dapat berkomunikasi dengan baik.
  • Bayi belajar mengunyah.
  • Bayi usia 6 Bulan sudah bisa tersenyum, tertawa, bahkan berbicara agak jelas.
  • Ketika usia 10 hingga 12 bulan, gerak tubuh bayi seperti berjalan, merangkak sudah dapat berjalan secara maksimal tanpa dibantu orang lain.
  1. Ciri Bayi Usia 12 – 24 bulan
  • Bayi sudah mengerti beberapa hal serta agresif untuk mengeksplor lingkungan sekitar, sehingga tidak mau digendong.
  • Usia rentang ini bayi memulai belajar dengan sendiri, serta belajar menggunakan sendok secara mandiri.
  • Bayi sudah dapat mengikuti keseharian makan orangtuanya, pada saat ini orang tua perlu memberikan asupan sayur dengan menggunakan potongan kecil kecil, supaya dapat dikunyah.
  • Bayi usia 15 akan belajar melompat, lari kencang, bahkan memanjat.
  • Memasuki masa akhir bayi sudah fasih untuk mengucapkan kata.

Tumbuh & Berkembang Fase Anak – Anak

Fase yang cukup menarik dibandingkan dengan proses pertumbuhan lainnya. Anak anak pada umumnya memiliki rasa ingin tahu yang jauh lebih tinggi daripada sebelumnya. Sebagai orang tua, juga perlu memberikan perhatian lebih terhadap anaknya karena akan mempengaruhi tingkah laku sehari – hari.

Selain itu, pertumbuhan secara fisik akan terjadi cukup cepat di fase ini. Karena, untuk menyeimbangkan kehidupan sehari – hari anak agar dapat menjelajahi lingkungan sekitar. Supaya lebih aman, orang tua perlu memberikan ilmu sopan santun agar bisa terhindar dari pengaruh negatif.

Tumbuh & Berkembang Fase Remaja

Setelah melewati masa anak anak yang termasuk masa “golden age” manusia. Memasuki fase remaja dimana akan terjadi proses peralihan segala perilaku serta pola piker menjadi lebih dewasa. Selain itu, terdapat beberapa pertumbuhan signifikan secara fisik.

Hal itu terjadi karena, proses pubertas untuk mencapai penyempurnaan perkembangan. Baik itu secara fisik, tingkah laku, psikologis dan fungsi seksual. Namun, laki laki dan perempuan memiliki perbedaan yang memiliki ciri khusus seperti :

Remaja Perempuan. Tumbuhnya rambut halus di tempat tertentu, suara menjadi halus dan pertumbuhan payudara membesar. Untuk remaja laki laki, suara menjadi membesar dan bass, tumbuh jakun dan akan memiliki kumis, jambang dan janggut.

Perbedaan hal ini terjadi perempuan dan laki laki memiliki alat seksual yang berbeda, di sisi lain peran hormon dalam kedua individu tersebut juga memiliki ciri khas masing masing.

Tumbuh & Berkembang Fase Dewasa

Pada usia fisik dewasa, akan terjadi beberapa perubahan tingkah laku yang dapat beradaptasi hidup di tengah lingkungan masyarakat. Secara psikologis, pemikiran fase ini sangat berhati hati untuk beradaptasi dimana dinamika sosial sering terjadi.

Disisi lain, fase ini perlu pemfokusan ilmu yang sudah ada untuk menghasilkan kemampuan ahli. Tujuannya yaitu, dapat bertahan hidup di tengah lingkungan masyarakat, seringkali fase dewasa sangat dihindari oleh para remaja karena proses ini sangat penting untuk dapat melanjutkan keturunan.

Beberapa ciri khusus yang didapatkan ketika melalui fase dewasa ini seperti:

  • Produktif, pada fase ini manusia memiliki tingkat produktivitas yang tinggi.
  • Jiwa sosial antar sahabat semakin berkurang karena memfokuskan untuk mengejar cita citanya masing-masing.
  • Ketika dewasa, manusia mudah akan menyelesaikan masalah karena pengalamannya begitu banyak.
  • Diberikan tanggung jawab sebebasnya untuk memilih jalan hidup.

Sebagai orang dewasa pastinya mempunyai suatu tujuan jelas adalah suatu keharusan. Karena tujuan tersebut akan menjadi semangat untuk menjalani kehidupan sehari – hari di tengah lingkungan masyarakat. Lalu fase selanjutnya adalah proses terakhir dalam riwayat hidup manusia.

Tumbuh & Berkembang Fase Lansia (Lanjut Usia)

Fase yang sering disebut sebagai akhir perjalanan hidup manusia ini, seringkali pada masa ini digunakan untuk menikmati kehidupan di sisa umurnya. Semua hasil pencapaian hidup di saat dewasa akan terasa bermanfaat pada manusia lansia.

Umumnya dengan menikmati kehidupan di rumah, serta memiliki cucu adalah dambaan setiap manusia lansia. Kenapa hal tersebut terjadi? Karena akan melihat tumbuh kembang anak – anaknya menjadi dewasa. Selain itu, terdapat perubahan secara signifikan di akhir hayatnya seperti:

  • Muncul rambut putih / uban.
  • Kulit manusia lansia mulai mengalami pengerutan.
  • Beberapa organ manusia lansia mengalami penurunan efektivitas kerja.
  • Daya tahan tubuh mulai menurun seiring berjalannya waktu.

Demikian tahapan proses usia fisik manusia, di awali dengan lahirnya bayi hingga lansia. Peristiwa ini tidak dapat dihindari oleh mahkluk hidup. Karena, seiring berjalannya waktu pemikiran setiap fase akan berkembang menjadi baik hingga terjadi penurunan pada akhir kehidupan manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *