Bagaimana Cara Meningkatkan Massa Otot?

Posted on 136 views

Herbalife Berau, Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang menggunakan seluruh jaringan pada tubuh dengan intens. Selain itu memiliki manfaat membakar kalori, lemak dan menambah massa otot. Namun, sebagian orang tidak mengerti, lalu apakah itu?

Pengertian Massa Otot

Pada umumnya, banyak orang belum paham terkait pentingnya meningkatkan hal tersebut, serta efek yang diterimanya. Namun, dalam poin ini akan dijelaskan mengenai dua macam pengertian, dari otot kemudian baru masuk ke massanya.

Otot merupakan alat gerak aktif manusia yang tersusun menjadi jaringan. Ada tiga jenis klasifikasinya yaitu otot lurik (berada dikeseluruhan tubuh bagian luar), otot polos (dalam sistem pembuluh serta pencernaan), dan otot jantung (khusus memompa darah).

Lalu pengertian massa otot adalah ukurannya dalam tubuh manusia. Ada yang besar diperoleh dari kegiatan fisik atau latihan khusus tertentu, biasanya pada pemain sepak bola maupun atlet. Karena memang aktivitasnya bersifat rutin dan teratur.

Banyak manfaat yang didapat dengan memiliki massa otot besar. Namun, mereka tidak mau melakukan olahraga akibatnya otot berukuran kecil. Sebagian lagi, ingin tapi tidak paham bagaimana caranya.

Prinsip Kerja Pembentukan Massa Otot

Otot memiliki peranan penting dalam aktivitas manusia, karena berfungsi sebagai penggerak tulang. Dalam tubuh sendiri, terdapat sekitar 650 jenis. Namun, massanya berbeda tiap masing-masing individu, bahkan bagi ukuran normal dapat mencapai setengah dari total berat badan.

Saat menggerakkan tubuh, berbagai otot melakukan kolaborasi sehingga badan dapat bergerak. Saat berkontraksi maka panjangnya memendek, mengeras dan bagian tengah membesar, sehingga tulang yang melekat padanya ikut terangkat atau tertarik.

Dari prinsip kerja tersebut, dapat diketahui bahwa dengan aktivitas olahraga bertujuan menambah massa semua otot akan berdampak. Saat melakukan kegiatan tersebut, sebenarnya mereka akan rusak, namun memicu tubuh membangun kembali di lokasi yang sama.

Pembangunan kembali tersebut menjadikan pertambahan ukurannya, agar tidak rusak karena tubuh manusia memiliki sifat memperbarui. Namun, hal penting yang perlu diketahui adalah bahwa penambahan hanya terjadi apabila penguraian otot lebih kecil dari sintesa protein.

Keuntungan Menambah Massa Otot

Secara umum, pertambahan massa berefek bagus pada kinerja dari tubuh, tergantung bagian mana yang diperbesar, serta latihannya apa. Contoh, apabila melakukan olahraga kardio maka otot jantung akan lebih kuat, sehingga sirkulasi darah menjadi lancar dan akan merasa sehat.

Semua bergantung dari apa efek yang ingin didapatkan. Apabila mau fisik lebih prima dengan melakukan latihan weight lifting dipadukan kardio, maka otot bagian tubuh akan bertambah, jantung pun demikian. Maka, hasilnya membuat kondisi dan stamina menjadi bagus.

Keuntungan lain selain dari segi fisik, juga berpengaruh kepada life style, tentu dengan latihan yang dilakukan dengan rutin akan memperbaiki gaya hidup menjadi lebih baik dan sehat. Tidur menjadi teratur, makan menjadi lahap dan hal lainnya pun juga demikian.

Poin lain yang berubah adalah keadaan mental dan emosional menjadi lebih baik. Karena dengan memiliki fisik prima serta bentuk bagus, seseorang akan menjadi percaya diri. Hal itu juga berpengaruh pada kondisi jiwanya akan positif, seperti pepatah di dalam tubuh sehat terdapat jiwa kuat.

Bagaimana Meningkatkan Massa Otot?

Untuk meningkatkan massa pada otot sebetulnya tidaklah sulit, Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah berikut ini:

  1. Melakukan Latihan Berkelanjutan Secara Rutin

Hal pertama harus dilakukan yaitu, melakukan latihan penambahan massa otot secara berkelanjutan dan rutin. Olahraga baik adalah kegiatan yang berkala dengan melakukan peningkatan pada aktivitas serta selalu dilaksanakan.

Maksudnya adalah, jika ingin mendapatkan massa otot terlihat bagus, haruslah dimulai dengan latihan sesuai kemampuan, kemudian selang berapa periode yang ditentukan, ditambah serta semua harus terus dilakukan dengan rutin.

Karena percuma saja apabila melakukan latihan yang terbilang berat dalam satu hari, maka pasti tubuh belum terbiasa. Kemudian akan kaget dan berefek kram otot, sehingga berikutnya menjadi malas, lalu berdampak pada jarangnya aktivitas olahraga.

  1. Latihan dengan Teknik Tepat

Setelah melakukan olahraga berkelanjutan secara rutin, langkah berikutnya yang harus dilakukan yaitu melakukan latihan dengan teknik benar dan tepat. Maksudnya adalah, apabila dalam programnya menjalankan angkat beban, push atau sit up harus diperhatikan betul-betul caranya.

Apa saja yang harus diperhatikan? Tentu saja latihanya harus benar setiap gerakan sudah dilakukan sesuai petunjuk, kemudian harus bisa fokus pada otot yang sedang dilatih dan kontraksinya di lokasi tepat, jika tidak tentu akan gagal.

Dengan penggunaan teknik tepat, tentunya latihan akan lebih efektif proses bertambahnya massa otot akan cepat dan berada di lokasi yang dinginkan. Karena, bila salah bukan hanya kegagalan namun justru bisa saja menyebabkan cedera.

  1. Asupan Kalori Harus Banyak

Selain latihan dilakukan asupan pada tubuh juga harus diperhatikan. Karena, apabila aktivitas olahraga dilaksanakan banyak tetapi konsumsi kurang, maka otot tidak akan meningkat sebab belum ada yang digunakan untuk menambahnya.

Lantas konsumsi apa yang bagus, dengan memperbanyak asupan kalori pada tubuh. Seperti dijelaskan di atas pembentukan terjadi ketika kerusakan mikroskopis terjadi. Hal tersebut diakibatkan oleh aktifitas fisik yang berat.

Setelah itu, tentu tubuh akan lelah serta butuh energi untuk kembali normal. Namun, asupan kalori berlebih justru bagus dan hal tersebut membuat badan mampu bertahan dari aktivitas ekstrim yang dilakukan. Sebab, jika tidak dipenuhi maka penambahan massa akan gagal.

  1. Memperbanyak Konsumsi Protein

Selain kalori memperbanyak agar asupan protein oleh tubuh cukup, juga menjadi poin penting dalam proses penambahan massa. Dikarenakan, pembentukan otot baru setelah rusaknya jaringan ditentukan oleh jumlah sintesanya.

Seperti telah dijelaskan di atas, penambahan hanya akan terjadi bila jumlah pemecah otot lebih kecil dari sintesa protein. Berapa kira-kira yang harus dikonsumsi? Yaitu 1,5 sampai 3 gram per kilo berat badan orang tersebut.

Namun, jumlah tersebut hanya untuk orang yang tidak memiliki jumlah lemak berlebih. Apabila kandungannya tinggi, sebaiknya fokus dalam latihan penghilangan terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan agar diketahui dengan jelas kebutuhan konsumsi protein berkecukupan.

  1. Peningkatan Kadar Lemak yang Cukup

Sebaiknya biarkan jumlah lemak dalam tubuh bertambah, jangan beranggapan jika kadar kecil merupakan sesuatu yang baik. Tentu saja tidak, karena dalam penambahan massa otot belum bisa dilakukan dengan minimnya hal tersebut.

Mengapa demikian, karena apabila kadar lemak dalam badan minim, maka tubuh menjadi kering. Hal tersebut berakibat otot semakin jelas, bukanya bagus malah akan terlihat aneh. Karena, seratnya menjadi lebih terlihat saat berkontraksi.

Dalam proses pertambahan massa otot lemak, memberikan kegunaan sebagai penghasil energi dalam melakukan proses latihan. Suhu tubuh juga akan terjaga, maksud penghilangan seperti telah disinggung di atas adalah kondisi yang cukup.

  1. Sabar Serta Disiplin

Jika menginginkan badan bagus, tentu harus bersabar sambil tetap melakukan latihan dan menjaga asupan tubuh secara disiplin. Karena, proses yang dilalui untuk membentuk serta menambah massa otot bukan hanya sebentar.

Hasil dapat dipetik lewat proses usaha yang dilakukan. Kebanyakan gagal dalam tahap ini, karena memang memakan waktu bertahun-tahun dan harus telaten dan terus-menerus dikerjakan untuk mendapat otot maksimal.

Apabila memang menginginkan bentuk tubuh bagus dan fisik prima, haruslah rela melakukan proses latihan lama dan melelahkan. Namun, selain dua hal tersebut banyak lagi manfaat yang bisa diperoleh dari bertambahnya massa otot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *